Analisis Manajemen Pembiayaan dalam Menunjang Penyelenggaraan Pendidikan Islam (Literature Review)
Keywords:
Manajemen Pendidikan, Manajemen, Pendidikan Islam, Pembiayaan Pendidikan, PendidikanAbstract
Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan aspek penting dalam memastikan penggunaan dana secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel di lembaga pendidikan. Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk menganalisis fungsi utama manajemen pembiayaan, yaitu anggaran (budgeting), pembukuan (accounting), dan pengawasan (auditing), serta penerapan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan ketiga fungsi tersebut, jika dilakukan dengan tepat, dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan lembaga pendidikan Islam dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Kesimpulannya, pengelolaan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip yang sejalan dengan aturan pemerintah ataupun prinsip Islam akan meningkatkan kepercayaan publik dan mendukung tercapainya pendidikan yang berkualitas dan merata.
References
Abdulatif, S. (2021). Dampak pandemi terhadap eksistensi pendidikan di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1567-1570.
Agusti, E., Kurnia, R., & Puspitasari, E. (2022). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di Masa Pendemi Covid-19 Di TK FKIP UNRI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16515-16524.
Darsono, H., Fitri, A. N., Rahardjo, B., Imanuela, M. Z., & Lasambouw, C. M. (2020, September). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19 (Kajian di Politeknik Negeri Bandung). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1235-1240).
Farida, A. L. N., Alim, F., Maulana, H., Huda, V. S., & Syaipudin, L. (2023). Contextualization of Educational Management in the School, Family and Social Environments: Literature Study on the Concept of Islamic Education. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(2), 50-64.
Julianti, I., Iskandar, D., Hamdani, A. R., & Nurlaila, N. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 576-596.
Kembaren, F. R., Sakinah, W. L., Septiannur, H., & Putri, J. K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Memanfaatkan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 686-691.
Kurniasih, N., Hidayani, F., Muchlis, A., & Soebagyo, J. (2021). Analisis kemandirian belajar matematika siswa SMA kelas XI selama pembelajaran jarak jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 117-126.
Magdalena, I., Erdian, A. E., & Marcelino, R. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Poris Pelawad 03 Kota Tagerang.
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung.
Pratama, M. R., Ramadan, Z. A., Solichah, I., Sari, S. A. N. W., Jannah, S. N., & Syaipudin, L. (2023). Applicability of Islamic Education Philosophy to Educational Level Units from an Islamic Studies Perspective. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 2(4), 179-189.
Prayoga, A. S., Waitau, E. K., Jannah, M., Ardana, R. S., & Rachamaningrum, F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12-21.
Sandre, H. I., Paat, W. R. L., & Pratasik, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 90-96.
Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.
Suarjana, S. K. E. (2021). Pemberdayaan Radio Komunitas Sekolah Sebagai Media Belajar Di SMP Negeri 2 Susut pada Masa Pademi Covid-19. Jurnal Syntax Transformation, 2(02), 234-243.
Sugiyono. (2022). Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.
Syaipudin, L., Akhyak, A., & Aziz, A. (2024). Madrasah Relevance Management Efforts and the Digital Era (Study at MI Miftahul Ulum Banggle 02 Kanigoro Blitar and MI Al Muhajirin II Latukan Karanggeneng Lamongan). International Journal of Management Science, 2(1), 23-34.
Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Peran Guru dalam Aplikatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Luar Biasa. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 1(1), 27-33.
Waruwu, E., Ndraha, A. B., & Lase, D. (2022). Peluang dan tantangan G20 dalam transformasi manajemen pendidikan di era revolusi industri 4.0 dan civil society 5.0 pasca pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Maksitek, 7(3), 26-32.