https://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/issue/feedJurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikan Islam2024-10-23T00:49:08+00:00Siti Rokhmahpenerbithellowpustaka@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikan Islam </strong>is a peer reviewed journal published by Hellow Pustaka Publisher in collaboration with Sekolah Tinggi ilmu Tarbiyah (STIT) Misbahudin Ahmad and PT Birendra Research and Survey. This journal focuses on the learning process and Islamic education, both in terms of models, concepts, products, media, facilities, environmental conditions, and various things that are relevant to learning and education. Scope: Management of Islamic Education, Islamic Learning Models, Islamic Learning Concepts, Islamic Learning Support Products, Islamic Learning Media, Islamic Infrastructure Facilities and Facilities, School Environment Conditions, Islamic Family Education, and Community Education.</p> <p>Journal published 2 times a year in May and November.</p>https://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/2Pembinaan Guru dengan Supervisi Ilmiah dalam Perspektif Pendidikan Islam2024-08-15T23:14:27+00:00Muhammad Ainun Najibainun.ajib0123@gmail.comLatif Syaipudinlatif12syai@gmail.comAhmad Luthfilatif13syai@gmail.com<p>Guru merupakan salah satu sosok sentral dalam dunia pendidikan, dalam pandangan pendidikan Islam guru bukan hanya sebatas menjadi teladan atau contoh. Guru merupakan sosok panutan yang menjadi acuan pokok bagi seseorang untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pandangan pendidikan Islam dalam pembinaan guru agar menjadi guru yang sejalan dengan prinsip Islam yang modern. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyatakan supervisi dalam perspektif pendidikan Islam adalah untuk mendukung dan memperkuat kemampuan guru dalam melaksanakan tugas mendidik sesuai dengan nilai-nilai Islam yang holistik. Pentingnya supervisi bagi pendidikan Islam karena adanya tuntutan hak-hak asasi manusia yang juga menyebabkan problema bagi para pendidik yang memerlukan pemecahan secara rasional.</p>2024-07-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikanhttps://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/3Manajemen Pengelolaan Infrastruktur Pendidikan dalam Menyambut Era Digitalisasi 5.0; Studi di MTs Negeri 1 Tulungagung dan MTs Darul Falah Tulungagung2024-08-15T23:22:39+00:00Muhammad Ainun Najibainun.ajib0123@gmail.comIdah Nurfajriya AwwalinAlinfajh@gmail.comLatif Syaipudinlatif12syai@gmail.com<p>Infrastruktur pembelajaran sebagai bagian dari bidang pendidikan turut terdampak seiring perkembangan di era digitalisasi. Bidang pendidikan harus memperkuat sistemnya, agar kegiatan pembelajaran tetap berjalan relevan sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen pengembangan infrastruktur sebagai penunjang pendidikan di era digitalisasi 5.0. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penting bagi bidang pendidikan untuk menyiapkan diri khususnya infrastruktur pendidikan dalam menyambut digitalisasi yang pasti akan bersinggungan dengan proses belajar mengajar. Terdapat beberapa faktor utama yaitu media belajar, ketersediaan jaringan internet, model pembelajaran dan perangkat lunak pembelajaran, yang setidaknya harus disiapkan bidang pendidikan dalam menyambut era digital 5.0. Peranan lembaga pendidikan dan para pemangku kebijakan juga harus berjalan beriringan dengan perkembangan digitalisasi, agar pendidikan di Indonesia dapat terintegrasi dengan era digital 5.0.</p>2024-07-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikanhttps://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/7Analisis Manajemen Pembiayaan dalam Menunjang Penyelenggaraan Pendidikan Islam (Literature Review)2024-10-23T00:49:08+00:00Yeni FitrianiAlinfajh@gmail.comKholid TohiriKholid@gmail.com<p>Manajemen pembiayaan pendidikan merupakan aspek penting dalam memastikan penggunaan dana secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel di lembaga pendidikan. Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk menganalisis fungsi utama manajemen pembiayaan, yaitu anggaran (budgeting), pembukuan (accounting), dan pengawasan (auditing), serta penerapan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas dalam pengelolaan keuangan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan ketiga fungsi tersebut, jika dilakukan dengan tepat, dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan lembaga pendidikan Islam dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Kesimpulannya, pengelolaan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip yang sejalan dengan aturan pemerintah ataupun prinsip Islam akan meningkatkan kepercayaan publik dan mendukung tercapainya pendidikan yang berkualitas dan merata.</p>2023-07-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikan Islamhttps://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/5Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point di MTs Aswaja Kalidawir Tulungagung2024-08-16T23:20:13+00:00Bangkit PrayogoBangkit12@gmail.comWiga RafitaWiga@gmail.comIdah Nurfajriya AwwalinAlinfajh@gmail.com<p>Pengembangan media pembelajaran menjadi salah satu bentuk upaya dalam melakukan inovasi dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pengembangan maka harapannya proses yang dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih baik dan siswa dapat memberikan timbal balik. Khususnya dengan menggunakan media interaktif berbasis power point maka dapat menunjang keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar agar berjalan lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media interaktif berbasis power point di MTs Aswaja Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuisioner, observasi. Media yang dikembangkan menggunakan aplikasi utama yaitu MS Power Point, materi yang digunakan yaitu interaksi sosial dan lembaga sosial pada kelas VII. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Miles dan Hubberman. Pelaksanaan teknik pemeriksaan didasarkan sejumlah kriteria tertentu. Data yang dikumpulkan dari lapangan merupakan data yang sah, maka peneliti mengusahakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan media interaktif berbasis power point di MTs Aswaja Kalidawir merupakan langkah penting untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran, melalui fitur-fitur visual dan animasi dalam power point, media ini dapat membuat materi pelajaran lebih dinamis dan mudah dipahami, sekaligus mengurangi kejenuhan yang sering dialami siswa. Penggunaan power point sebagai media pembelajaran tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi secara lebih mendalam, tetapi juga mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Hal ini menjadikan power point sebagai alat yang sangat potensial untuk memperbaiki kualitas pendidikan di MTs Aswaja Kalidawir.</p>2024-07-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikanhttps://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/6Efektivitas Media Interaktif Radio pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kedungwaru Tulungagung2024-08-16T23:34:49+00:00Neneng Secahyantilatif13syai@gmail.comLatif Syaipudinlatif12syai@gmail.comKholid TohiriKholid@gmail.com<p>Radio menjadi salah satu media massa yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan dalam pembelajaran jarak jauh. Konsep pembelajaran jarak jauh ini, pada dasarnya mengacu pada konsep <em>e-learning </em>yang dilaksanakan di SMPN 1 Kedungwaru. Konsep pembelajaran yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran dengan harapann kegiatan pembelajaran terus berlangsung, dengan hasil yang memuaskan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas media massa radio dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teori Miles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas media massa radio dalam pembelajaran jarak jauh sangat membantu proses pembelajaran yang dilaksanakan. Dengan pemanfaatan media pendukung radio, hal ini tetap menjadikan efisiensi dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Pihak SMPN 1 Kedungwaru juga mengaku, dengan pemanfaatan media massa radio ini menjadi salah satu solusi atas harus dilaksanakan kegiatan pembalajaran secara rutin. Dengan dorongan media massa radio ini kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dapat berlangsung dengan rutin.</p>2024-07-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran dan Pendidikan