Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point di MTs Aswaja Kalidawir Tulungagung

Authors

  • Bangkit Prayogo Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Wiga Rafita Universitas Negeri Malang
  • Idah Nurfajriya Awwalin UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Pengembangan, Media Interaktif, Power Point, Pembelajaran Daring

Abstract

Pengembangan media pembelajaran menjadi salah satu bentuk upaya dalam melakukan inovasi dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pengembangan maka harapannya proses yang dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lebih baik dan siswa dapat memberikan timbal balik. Khususnya dengan menggunakan media interaktif berbasis power point maka dapat menunjang keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar agar berjalan lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media interaktif berbasis power point di MTs Aswaja Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuisioner, observasi. Media yang dikembangkan menggunakan aplikasi utama yaitu MS Power Point, materi yang digunakan yaitu interaksi sosial dan lembaga sosial pada kelas VII. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Miles dan Hubberman. Pelaksanaan teknik pemeriksaan didasarkan sejumlah kriteria tertentu. Data yang dikumpulkan dari lapangan merupakan data yang sah, maka peneliti mengusahakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini yaitu pengembangan media interaktif berbasis power point di MTs Aswaja Kalidawir merupakan langkah penting untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran, melalui fitur-fitur visual dan animasi dalam power point, media ini dapat membuat materi pelajaran lebih dinamis dan mudah dipahami, sekaligus mengurangi kejenuhan yang sering dialami siswa. Penggunaan power point sebagai media pembelajaran tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi secara lebih mendalam, tetapi juga mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Hal ini menjadikan power point sebagai alat yang sangat potensial untuk memperbaiki kualitas pendidikan di MTs Aswaja Kalidawir.

References

Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2023). Penguatan literasi digital melalui pembuatan media pembelajaran audio visual. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211-216.

Farida, A. L. N., Alim, F., Maulana, H., Huda, V. S., & Syaipudin, L. (2023). Contextualization of Educational Management in the School, Family and Social Environments: Literature Study on the Concept of Islamic Education. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(2), 50-64.

Fatmawati, F., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(1).

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power point. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800-1809.

Mulyaningsih, Ending. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53-61.

Nuraini, I., & Sutama, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis power point Ispring Suite 8 di sekolah dasar. Jurnal Varidika, 31(2), 62-71.

Nuha, N. U. (2021). Penerapan Video Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Syaipudin, L. (2023). Teacher Learning Strategies In Shaping Student Character In Islamic Cultural History Lessons At SMP 45 Latukan Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 57-65.

Syaipudin, L. (2023). Patterns And Concepts Of Teacher Strategies In Forming Student Character In The Technological Era (Analysis Study With A Systematic Literature Review Approach). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(3), 91-101.

Syaipudin, L., & Aziz, A. (2024). Problematic Analysis of Changes in Islamic Education in the Digital Era at Madrasah Ibtidaiyah Level in East Java Province Indonesia. Traditional Journal of Law and Social Sciences, 3(01), 14-28.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Power point Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 75-â.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Prayogo, B., Rafita, W., & Awwalin, I. N. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point di MTs Aswaja Kalidawir Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1(1), 32–39. Retrieved from https://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/5

Issue

Section

Articles