Manajemen Pengelolaan Infrastruktur Pendidikan dalam Menyambut Era Digitalisasi 5.0; Studi di MTs Negeri 1 Tulungagung dan MTs Darul Falah Tulungagung

Authors

  • Muhammad Ainun Najib UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Idah Nurfajriya Awwalin UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Latif Syaipudin STIE Al-Anwar Mojokerto

Keywords:

Manajemen, Infrastruktur, Digitalisasi, Era Digital

Abstract

Infrastruktur pembelajaran sebagai bagian dari bidang pendidikan turut terdampak seiring perkembangan di era digitalisasi. Bidang pendidikan harus memperkuat sistemnya, agar kegiatan pembelajaran tetap berjalan relevan sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen pengembangan infrastruktur sebagai penunjang pendidikan di era digitalisasi 5.0. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penting bagi bidang pendidikan untuk menyiapkan diri khususnya infrastruktur pendidikan dalam menyambut digitalisasi yang pasti akan bersinggungan dengan proses belajar mengajar. Terdapat beberapa faktor utama yaitu media belajar, ketersediaan jaringan internet, model pembelajaran dan perangkat lunak pembelajaran, yang setidaknya harus disiapkan bidang pendidikan dalam menyambut era digital 5.0. Peranan lembaga pendidikan dan para pemangku kebijakan juga harus berjalan beriringan dengan perkembangan digitalisasi, agar pendidikan di Indonesia dapat terintegrasi dengan era digital 5.0.

References

Alia, T. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot 14:1. Januari.

Atmojo, S. E., Muhtarom, & B. D., Lukitoaji. (2021). “The Level of Self-Regulated Learning and Self-Awareness in Science Learning in the Covid-19 Pandemic Era." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.” Accessed September 19.

Azis, T. N. (2019). "Strategi pembelajaran era digital." The Annual Conference on Islamic Education and Social Science. Vol. 1. No. 2.

Basikin. (2020). “English Teachers’ Motivation for a Professional Development Program: Perspectives of Self-Determination Theory.” Indonesian Journal of Applied Linguistics 10 (1): 36–45.

Baswedan, A. (2015) dalam https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/01/tiga-strategi-pengembangan-pendidikan---3679-3679-3679.

Chan, C. K.Y., & Katherine K.W. Lee. (2020). “Reflection Literacy: A Multilevel Perspective on the Challenges of Using Reflections in Higher Education through a Comprehensive Literature Review.” Educational Research Review 32: 100376.

Effendy, A. A., et al. (2020). "Peningkatan Profesionalisme Guru Dan Pengembangan SDM Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Pada Guru Smk Mulia Buana Parung Panjang Bogor." Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.2.

Farida, A. L. N., Alim, F., Maulana, H., Huda, V. S., & Syaipudin, L. (2023). Contextualization of Educational Management in the School, Family and Social Environments: Literature Study on the Concept of Islamic Education. Beginner: Journal of Teaching and Education Management, 1(2), 50-64.

Faruqi, U. A. (2019). “Future Service in Industry 5.0:” Jurnal Sistem Cerdas 2 (1): 67–79.

Friawan, D. (2008) "Kondisi Pembangunan infrastruktur di Indonesia." CSIS Vol.37 No. 2 juni. Jakarta Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hermawan, I., Supiana & Zakiah, Q. Y. (2020). "Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5.0." JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 2.2: 117-136.

Indrawan, I. (2019). "Konsep Dasar Ekonomi Pendidikan pada Tataran Suprastruktur dan Infrastruktur Politik di Indonesia." INNOVATIO: Journal for religious innovation studies 19.1: 91-98.

Khan, I., Raja, M., Noo, R. M. R., et al. (2021). “Learners’ Perceptions on WhatsApp Integration as a Learning Tool to Develop EFL Vocabulary for Speaking Skill.” International Journal of Language Education 5 (2): 1–14.

Jia, C., & Hew, K. F. (2021). “Toward a Set of Design Principles for Decoding Training: A Systematic Review of Studies of English as a Foreign/Second Language Listening Education.” Educational Research Review 33 (June): 100392.

Khikmah, N. (2020). "Manajemen Sarana dan Prasarana untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan." JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 3.2: 123-130.

Marzuki. 2000. Metodologi Riset. Yogyakarta. Bagian Penerbit, Fakultas Ekonomi UII.

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung.

Nastiti, F. E., & Abdu, A. R,. (2020). “Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Edcomtech 5 (1): 61–66.

Nawawi, H. (2005). Metodologi Penelitian Bidang Sosial, Yogyakrata. Gajah Mada Press.

Pratama, M. R., Ramadan, Z. A., Solichah, I., Sari, S. A. N. W., Jannah, S. N., & Syaipudin, L. (2023). Applicability of Islamic Education Philosophy to Educational Level Units from an Islamic Studies Perspective. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 2(4), 179-189.

Pratiwi, N. P. A., Ni, P. L. N., & Sudirman. (2020). “EFL Pre-Service Teachers’ Perception toward the Use of Mobile Assisted Language Learning in Teaching English.” International Journal of Language Education 4 (1): 38–47.

Prabowo, S. L. MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ADALAH MENGEMBANGKAN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN GAGASAN, dalam https://www.uin-malang.ac.id/r/151101/mengembangkan-pendidikan-adalah-mengembangkan-dan-mengimplementasikan-gagasan.html.

Priyatna, M. (2017) "Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 5.09: 21.

Rakhmawati, I. (2015) “Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak”. Konseling religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 6:1.

Rinekso, A. B., Rojab, S. R., & Intan, P. (2021). “Digital Literacy Practices in Tertiary Education: A Case of Efl Postgraduate Students.” Studies in English Language and Education 8 (2): 622–41.

Rofiki, M. (2019). "Urgensi Supervisi Akademik Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Industri 4.0." Indonesian Journal of Basic Education 2.3: 502-514.

Rosyada, Amrina, and Hanna Sundari. 2021. “Learning from Home Environment: Academic Writing Course for Efl Undergraduates through Google Classroom Application.” Studies in English Language and Education 8 (2): 710–25.

Saggaf, S., Muhammad, M.S., & Widiawati, S. S. (2018). Reformasi Pelayanan Publik di Negara Berkembang. Vol. 1. SAH MEDIA.

Septiani, N. (2020). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Pada Sektor Pendidikan, Sektor Kesehatan dan Sektor Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Kabupaten Pringsewu 2010-2017). Diss. UIN Raden Intan Lampung.

Sasikirana, V., & Yusuf, T. H. (2020). "Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0." E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 8.2 (2020).

Setiawan, A. 2006). “Analisis Pengaruh Domestik dan Ekspor Terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 1981-2005”, jurnal ekonomi, yogyakarta, 12.

Setyawati, et al. (2020). "Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial: Pengembangan Aplikasi Berbasis Web Sebagai Penunjang Pembelajaran E-Learning Pada Man 1 Pesawaran." Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 1.2.

Sinaga, G. P. (2020). "Pengaruh Infrastruktur terhadap Indeks Pembangunan Manusia Pada Provinsi Hasil Pemekaran di Indonesia Periode Tahun 2015–2019." Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Subekti, A. S. (2021). “INDONESIAN LEARNERS ’ SELF -DIRECTED LEARNING AND RESILIENCE IN ONLINE ENGLISH CLASSES : ASSESSING INTERACTION WITH L2 ACHIEVEMENT Received : 14 Th May 2021 ; Revised : 28 Th May 2021 ; Accepted : 29 Th June 2021 The Covid-19 Pandemic Has Changed the Way ” 8: 1–9.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2021). "The Learning Routines for SD/MI Level in terms of the Impact Covid-19 Pandemic (Case study at MI Al-Muhajarin Latukan Karanggeneng Lamongan)." Edukasi: Journal of Educational Research 1.1: 58-68.

Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Peran Guru dalam Aplikatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Luar Biasa. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 1(1), 27-33.

Syaipudin, L., & Aziz, A. (2024). Problematic Analysis of Changes in Islamic Education in the Digital Era at Madrasah Ibtidaiyah Level in East Java Province Indonesia. Traditional Journal of Law and Social Sciences, 3(01), 14-28.

Utami, S., & Jumaidi N. (2021). “AN ANALYSIS OF STUDENTS ’ READING INTEREST DURING LEARNING FROM HOME AMIDST THE COVID-19 PANDEMIC Received : 31 St August 2020 ; Revised : 18 Th February 2021 ; Accepted : 29 Th June 2021 during Learning from Home , Students in Our English Department Expe” 8: 140–55.

Utarni, N. et al. (2021). “Self-Regulated Learning and Digital Learning Environment: Its’ Effect on Academic Achievement during the Pandemic.” Cakrawala Pendidikan 40 (2): 374–388.

Woo, H., et al. (2021). “The Use of Social Robots in Classrooms: A Review of Field-Based Studies.” Educational Research Review 33 (June): 100388.

Wurianto, A. B. (2019). “LITERASI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MENUJU KEWIRAUSAHAAN PROFESI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 (PELUANG DAN TANTANGAN).” Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) 3 (1).

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Najib, M. A., Awwalin, I. N., & Syaipudin, L. (2024). Manajemen Pengelolaan Infrastruktur Pendidikan dalam Menyambut Era Digitalisasi 5.0; Studi di MTs Negeri 1 Tulungagung dan MTs Darul Falah Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1(1), 9–22. Retrieved from https://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/3

Issue

Section

Articles