Pembinaan Guru dengan Supervisi Ilmiah dalam Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Ainun Najib UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Latif Syaipudin STIE Al-Anwar Mojokerto
  • Ahmad Luthfi STIE Al-Anwar Mojokerto

Keywords:

Guru, Pengembangan Guru, Supervisi, Pendidikan Islam

Abstract

Guru merupakan salah satu sosok sentral dalam dunia pendidikan, dalam pandangan pendidikan Islam guru bukan hanya sebatas menjadi teladan atau contoh. Guru merupakan sosok panutan yang menjadi acuan pokok bagi seseorang untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pandangan pendidikan Islam dalam pembinaan guru agar menjadi guru yang sejalan dengan prinsip Islam yang modern. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyatakan supervisi dalam perspektif pendidikan Islam adalah untuk mendukung dan memperkuat kemampuan guru dalam melaksanakan tugas mendidik sesuai dengan nilai-nilai Islam yang holistik. Pentingnya supervisi bagi pendidikan Islam karena adanya tuntutan hak-hak asasi manusia yang juga menyebabkan problema bagi para pendidik yang memerlukan pemecahan secara rasional.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakar, A. (2011). Supervisi Pendidikan Agama Islam (Pembinaan Guru Agama Madrasah / Sekolah), Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8 No. 01 Januari – Juni 2011.

Daryanto dan Rahmawati, Tutik. 2016. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 93-116.

Imron, Ali. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta, Kemdiknan.

Meleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta, Bumi Aksara.

Nasri, U. (2024). Rethinking Religious Moderation: Revitalisasi Konsep Manusia Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 213-220.

Pratama, M. R., Ramadan, Z. A., Solichah, I., Sari, S. A. N. W., Jannah, S. N., & Syaipudin, L. (2023). Applicability of Islamic Education Philosophy to Educational Level Units from an Islamic Studies Perspective. ATTAQWA: Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 2(4), 179-189.

Sa‘id, Mahmud Syakir. Mafhum Al-Isyraf Al-Tarbawy Al-Hadis Wa Kifayatuhu Wa Ittihajatuhu dalam Http://Www.Tarbyatona.Net Diakses 10-09-2017.

Sahertian, Piet A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). PT Rineka Cipta, Jakarta.

Sudaryo, A. (2024). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 1-9.

Syaipudin, L. (2023). Teacher Learning Strategies In Shaping Student Character In Islamic Cultural History Lessons At SMP 45 Latukan Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 57-65.

Syaipudin, L. (2023). Patterns And Concepts Of Teacher Strategies In Forming Student Character In The Technological Era (Analysis Study With A Systematic Literature Review Approach). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(3), 91-101.

Syaipudin, L. (2023). Patterns And Concepts Of Teacher Strategies In Forming Student Character In The Technological Era (Analysis Study With A Systematic Literature Review Approach). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(3), 91-101.

Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Peran Guru dalam Aplikatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Luar Biasa. Jurnal Ilmiah Insan Mulia, 1(1), 27-33.

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Najib, M. A., Syaipudin, L., & Luthfi, A. (2024). Pembinaan Guru dengan Supervisi Ilmiah dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pengayaan Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jippp.hellowpustaka.id/index.php/i/article/view/2

Issue

Section

Articles